Valkyrie (2008)

2009

Pas awal-awal film ini keluar, sebenernya gw ga ngerti ini film tentang apa. Yang gw tau yang main Tom Cruise, dan gw punya feeling filmnya bagus. And I was right 😛

Setting film ini diambil dari keadaan Jerman pada World War II, dengan tokoh utamanya Kolonel Claus von Stauffenberg (Tom Cruise). Ia adalah salah satu colonel Nazi yang lebih mencintai Jerman dan militernya daripada Nazi dan SS-nya. Setelah menderita cacat perang yang cukup parah, ia memutuskan untuk menggulingkan Hitler dari kekuasaannya sebagai pemimpin Jerman dan mengembalikan Jerman ke keadaannya semula. Dengan operasi Valkyrie, von Stauffenberg dan petinggi Nazi lainnya mencoba untuk mengembalikan Jerman. Kayak gimana operasinya dan endingnya gimana, liat sendiri deh ya 😛

I’ve always love movies based on Nazis. Dan ini adalah salah satu film yang menurut gw layak banget buat ditonton. Selain belajar sejarah, gw rasa film ini cukup membangkitkan rasa nasionalisme, di mana Negara lebih penting daripada pemimpinnya. Pemimpin bisa dicari dan digantiin, tapi namanya Negara ga tergantikan… Buat yang suka sama film Nazi, film ini bisa dijadikan appetizer buat nonton kelanjutan sejarahnya, Downfall (Der Untergang). Memang Valkyrie dan Downfall bukan satu rangkaian cerita, tapi kelanjutan sejarahnya ada dan jelas banget. But when you bought Downfall, make sure the subtitle is right, since it’s German-spoken movie 😛

On with the rating. I think the movie is too short… Satu setengah jam untuk rangkaian sejarah terlalu pendek kayaknya, dan ga memuaskan penonton… Apalagi ini kan true story, sayang kalo ga detil. I’m not saying that the movie’s not detailed, tapi gw merasa ada yang kurang… Cast-nya bagus, ceritanya bagus, tapi kurang lama… Jadi kayak ga puas gitu… Untuk itu, gw ngasih nilai 7,5 dari 10.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: