Sherlock Holmes (2009)

Pas liat trailer dari film ini, gw langsung berbinar-binar layaknya ngeliat mainan baru. Gimana dong, gw memang ngefans sama Holmes. Dari Meitantei Conan (ind: Detektif Conan) karangan Aoyama Gosho, gw jadi ngefans sama karakter fiktif buatan Sir Arthur Conan Doyle ini. Dari kekaguman, berlanjut ke rasa penasaran, gimana sih Holmes yang asli? Mulailah gw baca novelnya. Dari novel itu, gw membayangkan Holmes yang seorang gentleman sejati, cerdas luar biasa, dan gagah, meskipun dalam bayangan gw dia kurus. Dan bayangan itu hancur ketika nonton film buatan Guy Ritchie ini…

Ada beberapa tokoh sentral dalam film yang baru keluar hari natal tahun 2009 ini, yaitu Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.), John Watson (Jude Law), Irene Adler (Rachel McAdams), dan Lord Blackwood (Mark Strong). Oh well, yang gw ‘kenal’ Cuma Holmes sama Watson aja, karena gw baca novelnya yang belakangan, sedangkan setting film diambil ketika Holmes dan Watson masih muda (dalam artian, Watson belum menikah), namun keduanya sudah menyelesaikan kasus bersama.

Setting film ketika zaman perang sipil Amerika, jadi sekitar abad ke-17 kalo ga salah, di mana Inggris saat itu masih kacau-kacaunya. Homes dan Watson saat itu sudah terkenal di Scotland Yard sebagai duo detektif yang sudah banyak membantu menyelesaikan banyak kasus. Dari 5 menit pertama film pun, udah keliatan jelas bahwa Guy Ritchie menciptakan Holmes sendiri yang lebih modern. Holmes yang diperanin Robert Downey Jr. adalah seseorang yang jago berantem. Dari sini juga sebenernya udah agak kecewa sih gw. Awalnya film ini menggambarkan Holmes yang berhasil menangkap Lord Blackwood yang menjadi tersangka membunuh wanita-wanita muda. Tapi dari situlah, konflik film itu muncul. Jeng jeng jeng! Selanjutnya silakan nonton sendiri filmnya :p

Film ini bergenre action dengan sentuhan komedi Inggris. Agak mikir sih sebenernya, soalnya buat ngerti hipotesanya Holmes yang cepet ntu kudu nyambung kan? Yah, kira-kira seperti itu lah. Jadi buat mereka yang ga suka sama film mikir dan lebih suka film komedi, mungkin film ini agak membosankan. Tapi buat mereka yang udah sering baca Meitantei Conan, Detective School Q, dan komik-komik sejenisnya, film ini pasti dianggap bagus, karena membuat orang berpikir. Well, you can’t satisfy everybody, right? 🙂

Ada dua sisi dari gw yang menilai film tersebut. Pertama, diri gw yang udah baca Sherlock Holmes versi Sir Arthur Conan Doyle, ada beberapa kekecewaan dari film ini:

  1. Holmes keliatan kacau banget, ga rapi kayak deskripsi di novel aslinya. Keliatan kucel banget dan ga keren deh…
  2. Holmes jago berantem! Halah, di novelnya si Holmes tuh graceful banget. Kalo di rumah, dia duduk di depan perapian sambil ngisap cerutu. Lah ini? Kacau balau dan rebel abis…
  3. Watson terlalu cakep! Oke, Jude Law memang keren, and I adooore him. Tapi di novelnya ntu kan Dr. Watson kan gendut? Bener-bener beda -_-
  4. Watson pinter banget! Kalo di novelnya, Watson kebagian peran sebagai orang yang sering ngomong ‘Kok bisa gitu Holmes?” tapi di film ini, dia berperan sebagai sidekick yang bener-bener berguna dan ikutan mikir sama Holmes, walaupun ujung-ujungnya Holmes juga yang mecahin setiap trik.

Bagi gw yang udah baca novelnya dan dihadapkan sama Holmes yang seperti itu, mendingan judulnya jangan Sherlock Holmes deh… Apa gitu, soalnya bayangan tentang Holmes jadi rusak semua kan 😦 Jadi nilainya adalah 6 dari 10.

Tapiii, sebagai penikmat film, gw harus adil kan? Kalo misalnya gw ga baca novelnya sama sekali dan ga tau gambaran Holmes yang sebenarnya, gw akan fine-fine aja  sama karakter Holmes yang seperti itu. Ga peduli novelnya, asalkan filmnya bagus kan? Memang ceritanya ga ngebosenin bagi mereka yang udah biasa baca atau nonton film yang rada mikir, seperti yang gw bilang tadi. Lagipula durasinya juga ga terlalu lama. 2 jam untuk film seperti itu, gw rasa pas. Ga kurang, ga lebih. Jadi, nilainya adalah 8 dari 10 🙂

One more thing, kayaknya akan dibuat sekuelnya. Kapan dan seperti apa, liat aja 2 atau 3 taun ke depan 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: