Nyonya Jetset – a Novel by Alberthiene Endah

Nyonya Jetset - The Book Cover

Pas ntu ceritanya gw lagi iseng search account twitter-nya Alberthiene Endah (AE), dan kebetulan ada yang mention namanya, sekaligus buku ini. Eureka! Akhirnya ada novel AE yang baru ๐Ÿ˜€

Seperti biasa, gw memulai sesi membaca novel 360 halaman ini dengan antusiasme yang tinggi. Jelas, rasanya udah bertahun-tahun ga baca karya dari salah satu novelis favorit gw ini Apalagi di covernya ada tulisan โ€˜Based on A TRUE STORYโ€™. Buset, kayaknya heboh banget yak.. Tambah penasaran deh gw sama isi dari novel ini, sekaligus โ€˜modelโ€™ utama dari ceritanya.

Awalnya gw menyangka bahwa cerita dari Nyonya Jetset ini mirip kayak Cewek Matre, karya AE bertahun-tahun lalu. Tapi ternyata bukan, saudara-saudara senegara dan setanah air! Kalo dibaca dari review di belakang bukunya, ternyata inti cerita dari novel yang cetakan pertamanya Juli 2009 ini tentang KDRT. Bukan, bukan Kris Dayanti ato apapun itu, tapi Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Haha~ tipikal AE, selalu mengambil trending topic di ibukota saat ini J

Tokoh utama dari novel ini, seperti kebanyakan dari novel AE lainnya, adalah seorang lajang kota yang berparas menarik dan cantik. Namanya Roosalin, seorang model yang menikah dengan Edwan Susantono, seorang putra dari konglomerat di Jakarta. They fell in love at first sight, and married a few months later. Singkat cerita, ternyata Edwan tidak lebih dari seorang psikopat, jauh dari apa yang dibayangkan Roos sebelumnya. Selanjutnya, yaa silakan baca sendiri bukunya :p

Menginjak pertengahan dari novek ini, sebenarnya gw rada sangsi sama ending ceritanya. Well, gw ga berharap banyak akan happy ending (hey, most people hoped for a happy ending. Well I donโ€™tย  J). Gw justru sangsi endingnya bisa gw tebak sebelumnya. And boy oh boy did I guessed it :p Buat gw, novel yang bagus bukan novel yang memberikan happy ending, tapi ending yang memberikan makna mendalam bagi pembaca. Lebih bagus lagi kalo ending itu ga bisa ditebak sebelumnya :p Sayangnya ga banyak novelis yang bisa memberikan kemewahan ini. Siapa bilang menulis itu gampang? Okay, scratch that. Siapa bilang menulis novel yang bagus itu gampang?

The point is, gw rada kecewa dengan AE kali iniโ€ฆ Maybe Iโ€™m used to her slow-paced novels, but Iโ€™m not satisfied with the ending.. Gw mengharapkan ending yang lebih โ€˜ngenaโ€™ ke gw, dan gw ga mendapatkan hal tersebut. For this novel, I grade it 7 out of 10. Sorry AEโ€ฆ

Leave a Reply

