cin(T)a (2009)

cin(T)a

Cina - Tuhan - Annisa = cin(T)a

dari pertama liat trailernya pun gw udah suka sama film ini. Hell, i thought this movie was a blast! let me say this again, that was when i watched the trailer, not the movie.

pertamanya sih gw tau film ini dari temen gw yang tertarik sama film itu, dan gw di-tag di notenya (ha-ha! FB tells everything :)). dia juga ngasih link trailernya, cuma karena gw ga bisa liat pada saat itu juga, gw cuekin deh tu note. sampe akhirnya temen gw cerita dan gw merasa gw harus ngeliat trailer film itu. harus.

dan pada saat gw ngeliat trailer itu, gw langsung deg-degan, terbawa sama suasana trailer itu, dan satu kata yang keluar setelah nonton trailer itu adalah: ANJR**!

maaf sebelumnya, bukan saya merasa tersinggung dengan trailer itu, tapi saya berpikir, “GILA, NI FILM GW BANGET!” mohon diketahui, saat ini saya sedang menyayangi seseorang yang berbeda agama dengan saya, dan saya merasa bahwa film ini muncul pada saat yang SANGAT TEPAT.

Oke, enough of the chit-chat. ga ada fungsinya gw babbling geje. Gw ceritain dikit deh, tapi tenang aja, it’s SPOILER-FREE yang dijamin ga akan merusak rasa penasaran anda dengan film ini πŸ™‚

Ada dua tokoh sentral dalam film indie garapan Sammaria Simanjuntak ini. Pertama adalah Cina, seorang pemuda chinese beragama Katholik, dan Annisa, wanita berdarah jawa yang beragama Islam. Nah lho, dari tokohnya aja udah menarik kan? ha-ha!Β Singkat kata, they fell for each other. Tapi karena mereka memanggil Tuhan dengan cara yang berbeda, mereka ga bisa mencintai satu sama lain. Ironic, huh? Selanjutnya, silakan lihat sendiri filmnya. Tenang aja, bulan Desember 2009 DVD Originalnya udah rilis πŸ™‚

Sedikit opini aja buat film ini, mungkin bagi orang yang berpikiran picik, film ini sangat kontroversial. Mempertanyakan tentang Tuhan, membicarakan tentang agama Islam dan Katholik, hal-hal seperti ini bagi sebagian orang Indonesia masih ‘tabu’ untuk dibicarakan. Kenapa? Simpel aja sih, mereka takut membuat the so-called ‘perpecahan’.

Haaah zaman sekarang masih mikirin gituan.. Gimana mau maju? Bangsa lain udah mikirin gimana caranya tinggal di bulan, orang di Indonesia masih mikirin gimana caranya biar tanaman di lahan bisa tumbuh subur. BASI! Ini adalah realita masyarakat, dan itulah yang dibutuhkan oleh penonton. Buat apa ditutup-tutupi? Kalian ingin film yang bisa mengintegrasikan agama? Inilah film itu.

Sammaria berhasil membuktikan bahwa film yang berkualitas ngga harus dengan budget yang tinggi. This movie is an eye-opener, just the kind of movie this country needs. Liat deh, banyak film Indonesia ga berkualitas dengan budget dengan nol 9 di belakangnya, dan tetep murahan ceritanya. Gimana mau mencerdaskan kehidupan bangsa?

Sekali lagi gw bilang, Indonesia membutuhkan film yang bisa ‘menampar’ masyarakatnya dengan realita, dan inilah film itu. Katanya Unity in Diversity? Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika yang dicengkeram sama Garuda ga akan ada maknanya kalo rakyat Indonesia sendiri ga bisa menerima perbedaan itu dengan hatinya..

Advertisements

4 thoughts on “cin(T)a (2009)

  1. alsani says:

    ki, udah dapet belum dvd nya. di jakarta belum nemu gw. kasih info yah kalo udah nonton.

    eh, backgroundnya kok item sih. jadi susah bacanya tau.
    salam kenal

    • harlembeatfreak says:

      Waduh, belum nyari juga sih gw. Ntar kalo udah ada mungkin gw post di sini πŸ™‚

      hahahahaha.. gw suka banget sama item, lagipula lagi bosen sama background yang lama, jadinya diganti sama yang ini πŸ™‚

      salam kenal juga πŸ™‚

  2. dian says:

    dvd nya udah keluar belum ya? hehehe.. penasaran pengen nonton..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: