Wise Words from The Late Sophan Sophiaan

Pas gw lagi liat video Empat Mata edisi Kebangkitan Nasional di YouTube, sempet ada kenangan tentang Sophan Sophiaan. Ada flashback kedatangannya gitu di Empat Mata. Beliau bilang gini:

The beauty of life does not depend on how happy you are, but it depends on how happy others can be because of you

Gw yang abis senyum-senyum dan ketawa-ketawa ngeliat Butet sama Grace langsung tertegun. Gw pernah denger kalimat itu sebelumnya,  cuman gw lupa aja di mana. Makna dari kalimat itu makin dalem kalo gw denger beliau sendiri yang ngomong. Udah kaya murid ngedengerin petuah gurunya. Gw memang belum pernah ketemu beliau, tapi kalimat beliau bikin gw bangga sekaligus terharu, ternyata di negara yang ngga karuan ini masih ada orang yang ‘bener’.

Gw pertama denger kalo beliau meninggal pas baru pulang dari tugas paduan suara di Gereja. Gw kaget, gak percaya. Padahal paginya gw masih liat dia di koran, touring keliling Indonesia buat merayakan hari Kebangkitan Nasional.

Satu lagi pejuang Indonesia dipanggil Tuhan. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Yang Maha Kuasa. Amin.

Leave a Reply

