Gerhana Kembar – a Novel by Clara Ng

gerhanakembar.jpg

Hiks… Baru aja selesai baca Gerhana Kembar. Thanks buat Ratna yang udah merekomendasikan novel yang menurut gw bener-bener indah ini… Setelah gw nerima comment dari Ratna, gw langsung ngebut ke Uranus buat beli buku ini. Sampe rumah, nyomot roti, ganti baju cepet-cepet, dan langsung mbaca buku ini. Hasilnya? Gw larut ke dalam dunia yang udah Clara bikin di novel ini…

Sekilas tentang buku ini. Lendy, seorang editor, menemukan naskah di lemari neneknya. Dari naskah itu, Lendy seolah-olah menemukan kunci untuk mengetahui isi hati neneknya. Neneknya yang lesbian, hingga neneknya yang bersedia berkorban untuk anaknya. Kayaknya cukup segitu aja, secara gw ga mau spoiler banyak-banyak :).

Eniwei, sesuai dengan ciri khas Clara, dia make alur campuran di sini. Di tengah-tengah cerita tentang masa lalu, Clara tetap menceritakan masa yang sedang terjadi. Meskipun begitu, Clara merangkainya menjadi satu bagian tanpa membingungkan pembaca setianya. Benar-benar khas Clara. Well, mungkin untuk beberapa orang yang belum terbiasa membaca novel-novel Clara akan sangat membingungkan. Mana yang flashback, mana yang sedang terjadi, campur jadi satu. Tapi buat gw, this book is perfect. Bukan cuma ceritanya yang jempolan, tapi Clara juga menunjukkan betapa cinta itu ngga memandang jenis kelamin. Sesederhana itu. Kutipan dari Mother Teresa dari Calcutta menunjukkan itu di halaman pertama buku ini.

I found the paradox : that if you love until it hurts, there can be no more hurt, only more love.

Sejauh ini gw baru baca 3 novel berunsur homoseksualitas, Detik Terakhir, Dicintai Jo, dan yang terakhir Gerhana Kembar. Dan menurut gw, dari ketiga novel tersebut, Gerhana Kembar yang paling bagus dan menyentuh. Clara memang salah satu pengarang favorit gw. Mulai dari Indiana Chronicles, Dimsum Terakhir, sampe akhirnya Gerhana Kembar, kayaknya memang udah ga bisa dipungkiri kalo Clara memang penulis yang hebat. Empat jempol buat Clara!

4 thoughts on “Gerhana Kembar – a Novel by Clara Ng

  1. Mei Mei says:

    Hi, met kenal yah! gue mei mei. demen baca nopel ya? sama deh. tar sharing2 soal novel yg bagus yak ^^ gue baru kelar baca autum in paris nya Ilana Tan. bagus juga tuh. tp gue fans nya buku Alberthiene Endah sih. tulisannya ok banget 😀
    Gerhana kembar bagus ya? marin ini mo beli tapi ragu sih. soalnya nopel Clara yang trakhir gue beli, Dimsum Terakhir, ga gue baca kelar ><

  2. inda says:

    hi ..
    suka baca novel yh ?
    mau dong sharing novel ..
    gw juga suka banget sama Clara Ng .. jempolan banget ..
    gw si baru baca yang Indiana Chronocles aja ..
    padahal masi banyak tapi gw belum sempet ni mengingat kuliah gw sangat menyita dan menyksa hehhe ..
    email gw kalo ada yang baru&ok sipp ..

    • harlembeatfreak says:

      hi inda 🙂

      kemarin gw uda nyoba ngirim e-mail ke kamu, tapi kok gagal ya? aku search di friendster, profile kamu di-private, message-nya restricted pula..

      jadi gimana dong?

  3. inda says:

    chronicles maksudnya ..

Leave a Reply

