Dicintai Jo – a Novel by Alberthiene Endah

jo.jpg

Hmm… Seperti yang gw bilang di post gw sebelumnya, AE memang jago milih bahan cerita. Dicintai Jo bisa dibilang salah satu novel dengan cerita yang ngga biasa : homoseksual, ato dalam buku ini, lesbian.

Buat orang Indonesia yang masih tabu dalam hal beginian, ga heran kalo banyak yang ga mau baca buku ini. Padahal, kalo menurut gw, AE dengan gamblang menjelaskan gimana sih perasaannya para homoseksual itu. Sebagai pengarang, AE memang ga main-main. Dengan bahan cerita dan bahasanya yang khas, dia bisa ngasih suatu cerita yang menurut orang Indonesia tabu, jadi bahan pertimbangan dan renungan. Dengan cerita ini, gw jadi respek dengan para homoseks di mana aja. Mereka juga manusia, dan sudah layak dan sepantasnya kalo mereka diperlakukan layaknya manusia juga.

Beberapa waktu lalu gw sempet suka ngejawab pertanyaan di Yahoo! Answer, dan beberapa di antaranya tuh seolah-olah jijik begitu denger kata-kata homo, lesbi, ato gay. Please deh… They can’t even spell the word ‘GAY’ right, tapi berani bertingkah jijik sama orang-orang gay! Percaya ato engga, orang-orang Indonesia yang masih belum sadar, nulis kata gay dengan kata guy. Bused dah… Bego banget… Orang luar udah pergi ke bulan, kita di sini masih nyangkul di sawah (<= ini salah satu peribahasa gw yang artinya = kolot banget sih, orang Indonesia itu?)

Novel AE yang ini sudah membuka mata gw. Tapi sayangnya, ngga untuk orang-bego-yang-ga-bisa-nulis-gay-dengan-benar di luar sana. Sayangnya, gw ga bisa ngasih nilai sempurna, bahkan lebih seperti Test Pack buatannya Ninit Yunita. Beberapa bagian dari cerita Dicintai Jo agak ngebosenin. Jadi, antara satu sampe sepuluh, gw kasih nilai 8 deh :). Bravo AE!

8 thoughts on “Dicintai Jo – a Novel by Alberthiene Endah

  1. jeng says:

    setuju banget. saya pernah lama s kost sama lesbi. geli dan risih?ya. tapi saya tak pernah kehilangan respek pd mereka. setelah baca n nonton filmnya. saya 2kali lebih mengerti 2kali lebih respek. oke 1 sampe 10. 9 buat kamu AE

  2. Mendy says:

    Permisi, saya lagi respek bgt sm guy lite atau novel2 bertema guy. Punya rekomen bagus selain ‘lelaki terindah’ by Andrei Aksana atau ‘Tryst: Queer of Love’ by Elmo, ga?
    Makasih sebelumnya.
    Kalau bs email saya di mandl_lovely@yahoo.co.id
    🙂

  3. harlembeatfreak says:

    FYI mendy, it’s GAY, not GUY. i thought i spelled it in my post above -_-

    kalo gay lit, jarang gw liat sih. yang gw tau ya Lelaki Terindah-nya Andrei, ato Un Homme et Une Femme-nya Stanley Dirgapradja. Tapi yang punyanya Stanley ntu gw blum baca sih. Ada unsur gay-nya juga, walopun ga sampe kayak Lelaki Terindah.. Ada satu lagi sebenernya, tapi lupa judulnya.. Dari covernya keliatan kok, dua cowo lagi tiduran gitu. Coba diliat-liat aja di toko buku 🙂

  4. shelvie says:

    pengen bca lgi bkunya………………….
    tpi nyrinya itu ssah………….
    pnya ku ilang……………..
    ada yng pnya gk ???????????????

  5. rhie hyuga says:

    permisi…..

    gw uda nyari2 novel ini dgramediamakassar,, tapi gw gg nemu…. kalau mau beli dmana ya ????
    ada yang online shop gg ???

    rep gw yahh….

    gw tertarik ama cerita2 beginian…

    hennyhyuga@yahoo.com

  6. Jade says:

    Ada yang tau gak kira-kira tempat atau web apa yang masih jual buku ini? Been looking for more than months and ttep aja gak ketemu… .___.
    Yg tau, reply please. Thx

Leave a Reply

