Dimsum Terakhir – a Novel by Clara Ng

dimsumterakhir.jpg

Kebudayaan Cina di Indonesia, bahkan seluruh dunia, udah banyak menjamur. Di tiap sudut kota, bahkan negara, selalu ada sudut kecil di mana orang-orang Cina ngumpul. Kebudayaan ini juga yang menurut gw paling njelimet, karena banyaknya cabang-cabang dan lain-lain. Tapi, ngga menutup kenyataan bahwa kebudayaan ini juga yang menurut gw paling menarik buat dipelajarin. Clara Ng ngasih sebagian dari banyaknya kebudayaan Cina di buku bersampul merah ini.

Dimsum Terakhir menceritakan tentang 4 orang wanita muda kembar turunan Tionghoa yang udah punya kehidupan sendiri-sendiri. Siska Yuanita, sulung, jadi bussiness woman di Singapura. Indah Pratidina seorang penulis yang ‘mandeg’ karena tekanan untuk membuat novel baru. Rosi Liliani seorang petani mawar yang cukup sukses. Novera Kresnawati, bungsu, menjadi guru TK di Yogyakarta. Segala kegalauan dan permasalahan kebudayaan jadi bumbu konflik di novel ini.

, meskipun tidak semua permasalahan selesai dengan happy ending kaya sinetron-sinetron picisan, novel ini ngga bisa dibilang jelek. Di sini kita tau, walaupun pilihan yang kita ambil bukan yang terbaik, masih ada kebahagiaan dari kesimpulan yang udah kita ambil, sejelek apapun keputusan itu.Kalo diitung-itung, gw udah baca novel ini 3 kali. Yang membuat gw takjub, gw masih ngga bosen buat baca kata demi kata, membalik halaman demi halaman, sampe akhirnya selesai untuk yang ke-tiga kalinya. Mungkin inilah yang membuat Clara jadi salah satu penulis favorit gw.

Ngga bisa dipungkiri kalo Clara adalah pencerita yang hebat. Dia bisa ngebeberin semua masalah dengan tegas, runtut, tapi tetep jelas dan ‘ngena’ banget. Pengen banget sebenernya gw ceritain soal buku ini. Tapi nantinya jadi spoiler dong! Hwehehehe ^w^. Yang jelas, ngga akan rugi buat beli buku ini. Pertama kali gw baca (pas itu masih minjem) gw langsung takjub dan beli buku ini begitu dapet kesempatan. Two thumbs up may not be enough for this book!

5 thoughts on “Dimsum Terakhir – a Novel by Clara Ng

  1. Agung says:

    Aku udah bolak-balik denger Clara Ng, tp blum pernah baca novel-novelnya :). BTW, kl suka novel, kamu uda baca novelnya Andrea Hirata dgn ‘Laskar Pelangi’nya???

    Kl blum, aku punya novelnya. Apa isa saling meminjam he5?

  2. yupi says:

    bagus bgd bgd bgd bgd..salut bwd mba clara!!

  3. ratna says:

    Saya dah selesai baca novel Gerhana Kembar – Clara Ng. Dan tiba-tiba jadi teringat ama film “Brokeback Mountain” (disutradarai Ang Lee) yang dibintangi Heath Ledger ama Jake Gyllenhaal.Ceritanya mirip, yaitu tentang kisah cinta sejenis yang melow and dramatis. Dan kisahnya pun sama-sama diawali di era 60-an. Berlangsung bertahun-tahun pula. Seolah-olah kedua kisah ini ingin menegaskan bahwa cinta sejati tidak hanya dimiliki oleh pasangan heteroseksual tapi juga oleh pasangan homoseksual. Bedanya dalam Gerhana Kembar (GK)keduanya adalah perempuan, maka dalam Brokeback Mountain (BM), keduanya adalah laki-laki.BM kebetulan juga diangkat dari sebuah cerita pendek karya Annie Proulx di tahun 1997.Tapi kalo GK ber-ending bahagia, maka kalo BM saya ga tau, karena belum nonton filmnya. Kabarnya meski laris manis di box office Amerika dan mendapatkan 3 penghargaan Oscar (diantaranya untuk sutradara terbaik),film ini sempat dilarang juga beredar di beberapa negara, karena topiknya yang memang mengundang kontroversi. Sedangkan di Indonesia sendiri saya ga tau. Apakah pernah diputar dibioskop ato belum? kalo dah tersedia dvd or vcd-nya di Indonesai saya pengin banget bisa beli and memuaskan rasa penasaran saya dengan menontonnya ampe tuntas.

  4. yipirili says:

    Saya baru saja menyelesaikan membaca dimsum terakhir dan saya setuju banget kalau gaya bercerita Clara Ng itu mengesankan.

  5. Buy naruto says:

    saya blom baca ..:(

Leave a Reply

