Wanita

Hmmm… Kalo ngeliat judul kali ini, kok rasanya aneh… Agak puitis, tapi kok kayak judul pelajaran Biologi gitu… Gw bingung sih, mau ngasih judul kaya gimana. Jadi deh judul yang norak ini. Wkwkwkwkwk ^^

Ceritanya, gw dulu liat City of Angels. Gw sering sih, denger soal film ini. Tapi penasaran gw memuncak pas gw baca buku yang judulnya ‘5 cm’. Gw sengaja ngasih tanda petik biar ngga bingung. Soalnya kalo gw ketik 5 cm biasa, dikiranya judul bukunya sepanjang 5 cm… Nah lo… Rada ga penting sih. Eniwei, pengarang buku ini suka banget nonton film, lagu-lagu jadul yang oke punya, plus kata-kata bijak. Gw suka banget yang gitu-gitu. Dari buku ini, gw jadi penasaran banget sama City of Angels. Makanya pas salah satu TV swasta nayangin film ini, gw pantengin dari awal sampe akhir.

Sambil nonton, gw megang HP di tangan. Maksudnya, kalo ada kalimat yang bagus, gw bisa langsung nyatet… Sekarang kalo gw bayangin waktu itu, gw ngerasa bodoh -_-!… Tapi, beneran banyak banget kalimat yang gw suka. Tapi ada satu kalimat yang bener-bener bikin gw terharu…

Pas itu Meg Ryan-nya meninggal, dan Nicolas Cage bener-bener meratap.. Bayangin aja, dia udah jadi manusia demi hubungannya dia sama Meg Ryan.. Tapi kenyataannya, semalam setelah Nicolas Cage bisa nyentuh Meg Ryan, Meg Ryan malah meninggal… Abis itu, ada salah satu Angel temennya Nicolas Cage dateng ke apartemennya.. Begitu ngerasa kalo ada dia, dia ngomong, “I can’t see you but I know you’re there…” Wew… Keren… Abis itu temennya itu nanya, intinya gini, ‘apa kamu ngga nyesel, udah jadi manusia, tapi dia malah ninggalin kamu?’ Trus ini dia kata-kata yang bikin gw terharu banget… Kurang lebih kaya gini, “I would have one breath of her hair, would kiss her once, and have her touch, than an eternity without it…” udah gitu, Nicolas Cage ngomong sambil nangis-nangis gitu… Hiks hiks T-T… Keren banget….

Trus dari buku ‘5 cm’ itu, ada juga kata-kata yang bikin gw terkesan. Dan dari situlah gw terinspirasi buat bikin post kali ini…

“Woman was created from the ribs of a man. Not from his head to be above him. Not from his feet to be walk upon him. But from his side to be equal. Near to his arm to be protected and close to his heart to be loved…”

Gw lupa, siapa yang bikin tulisan seindah itu.. Yang pasti, ngga salah kalo dulu RA Kartini mati-matian ngebela persamaan hak buat perempuan.. Karena buat kaum laki-laki yang bener-bener gentleman (bukan yang bejad lho…) wanita layaknya sesuatu yang harus dijaga dan dicintai..

Gw pernah denger kakak gw cerita, gimana sakitnya abis disunat. Temennya dia yang cewek bilang, “Harusnya kamu bersyukur, cuma ngerasain sakit sekali. Kalo cewek? Setiap bulan sakit. Pas hamil sakit. Pas ngelahirin lebih parah lagi.. Kita perang buat anak dan kita sendiri.” Abis itu kakak gw cuma bisa diem. Buat kalian cowok-cowok yang baca ini, introspeksi diri. Pasti kalian pernah iri sama temen-temen cewek kalian yang dapet porsi olahraga lebih sedikit. Atau kalian iri karena cewek bisa libur sehari tiap bulannya dengan alasan menstruasi. Aku tau banget kalo ini kadangkala terasa ngga fair. Tapi kalo kalian ngerasain sehariii aja jadi cewek, kalian bakal ngerasa nggak enaknya.

Kalo mau lebih gampang, coba deh baca buku yang judulnya Pretty Prita. Di sini Andrei Aksana ngegambarin dengan jelas problem gender pada umumnya. Woman is so complicated, sampe Andrei nemuin kata-kata yang pas buat itu

“No means yes, and yes means Yes with a big Y.”

Well? Pernah ngerasa gitu kan? Yah, itulah cewek. Gw sebagai cewek juga kadang-kadang bingung ama temen-temen cewek gw. Tapi, serumit apapun seorang cewek, dia pasti bisa bikin seorang cowok setangguh apapun tunduk karena cintanya. Ya nggak?

Advertisements

One thought on “Wanita

  1. Devi says:

    Keren abis, its crazy gw baru nyadar klo gw cewek berharga banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: